Situs Berita Online

a)      Kompas.com merupakan edisi online dari media cetak, yaitu surat kabar dan majalah Kompas.
Elshinta.com juga merupakan edisi online dari media cetak, Majalah Elshinta dan media elektronik, Elshinta TV dan Elshinta Radio.
b)      Website yang tidak terikat media cetak atau elektronik adalah
Viva News
c)      Yahoo! News adalah situs indeks berita yang hanya memuat link-link dari situs berita lain.
d)     Kompas.com, Metrotvnews.com dan Elshinta.com mampu menampilkan website dalam bentuk teks, video dan audio.
e)      menurut pendapat kami iya pasti akan berkurang penjualan media cetaknya, karena jika dilihat dari beberapa faktor saat ini kita sudah masuk ke jaman media massa online dimana saat ini para masyarakat ingin mudah dan cepat dalam memperoleh informasi maka akan terjadi perubahan dari media cetak ke media massa online, sehingga akan mengakibatkan penjualan media cetak akan berkurang sebab jika kita ingin membaca berita dari media cetak maka kita harus terlebih dahulu membeli koran, akan tetapi jika ingin membaca berita dari media online maka tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membaca beritanya. Serta saat ini juga banyak dari para media massa beralih dari media cetak ke media massa online untuk menekan biaya percetakan mereka, agar mereka mendapatkan keuntungan yang lebih.
f)       karena saat ini banyak media massa yang beralih ke media online untuk menghemat biaya, menghemat waktu, dan agar dapat bersaing dengan media lain, apalagi saat ini dengan menggunakan media online para media akan mendapatkan pendapatan tambahan dari jumlah pembaca sesuai page views.
g)      menurut pendapat saya iklannya mereka berbeda-beda tergantung dari kerjasama antara media dengan perusahaan si pembuat iklan tersebut. Kadang ada yang memuat kendaraan, jualan online,dll
h)      Saya rasa tidak perlu karena jadwal tayang yang berbeda dan masyarakat sangat memerlukan informasi pada saat itu juga. Berita yang tayang online bisa disiarkan pada saat itu juga dan instan, jadi masyarakat yang menginginkan informasi seperti kebakaran dan bencana alam bisa mendapatkan informasi tersebut tanpa menunggu edisi keesokan hari serta jam tayang televisi dan radio.
i)        Memercayai sebuah berita yang “Kredibel” terkadang sangatlah sulit karena sebuah persepktif yang diambil pun berbeda-beda. Jadi ketika kita memikirkannya kembali, dapat dimisalkan seperti melihat dari 2 sisi yang berbeda. Jadi kedua berita memiliki kredibilitas yang sama, namun hanya penulisan dan perspektif dari media tersebut yang berbeda.

j)        Sama halnya dengan simbiosis mutualisme pada tumbuhan, Yahoo bisa mendapatkan berita-berita dari berita online lain dengan sumber yang kredibel, tanpa harus memperkerjakan wartawan. Pada sisi lain, setiap berita yang diambil Yahoo dapat dijadikan sebagai forward ke website berita tersebut.

Komentar

Postingan Populer